Wednesday, July 30, 2014

STEN GUN SENJATA PEMBUNUH NAZI

Senjata yang lahir pada tahun 1940 dan di gunakan secara luas oleh negara ingriss dan sekutunya,dengan biaya yang rendah desain yang sederhana dan mudah di gunakan maka tidak heran jika menjadi senjata andalan bagi angkatan bersenjata inggris.
Sten gun termasuk dalam jenis senapan mesin ringan dengan kaliber 9 mm untuk nama sten sendiri singkatan dari desainer kepala senjata yaitu mayor reginald V s hepherd dan harold t urpin,tingkat produksi sudah mencapai 4 juta sten dalam berbagai versi.
Awal kemunculan senjata ini di pengaruhi saat inggris terlibat dalam perang Battle of britanian untuk menghadapi serangan jerman yang banyak menggunakan senjata serbu yang lebih baik dari inggris.
Sten gun mengunakan campuran logam, pengelasan kecil,mesin dan manufaktur bahkan senjata ini Cuma di butuhkan 5 orang untuk membuatnya,versi termurah di buat hanya 47 bagian yang berbeda model yang paling dasar adalah Mark I dan versi terakhir mark II.
Dalam perkembanganya sten mengalami perbaikan desain dengan tujuan untuk memperbaiki kelemahan dan kekurngan yang ada di sten gun misalnya yang mengalami perbaikan pada mark 4 memiringkan menangani dan lubang yang sesuai dibor di penerima diciptakan untuk mengunci baut dalam posisi tertutup untuk mengurangi kemungkinan pembuangan disengaja melekat dalam desain,secara umum senjata lumayan baik meskipun selama perang begitu banyak kendala di hadapi prajurt pada saat menggunakanya, produksi sten gun sampai tahun 1953 di gantikan oleh senapan mesin ringan sterling.
Sistem pengoprasian sten gun dengan menembak dari baut terbuka dengan pin tetap di muka baut,dalam sistem penembakan tidak ada mekanisme pennguncian sungsang,gerakn baut di sebabkan oleh inplus yang takut di tangakp oleh Inersi Baut dan dorongan utama,dan sangat cocok utnuk pertempuran jarak dekat dan tingkat akurasinya tidak begitu baik,jakaunya Cuma 100 m, tp tidak menjadi masalh karena kecepatan senjata ini untuk memuntahkan perluru sudah lebih dari cukup.
Perawatan senjata ini cukup rumit dan sulit sehingga para prajurit di beri perhatian khusus tengtang bagaimana merawat persenjataan.
Dalam perkembanganya sten gun menghasilkan 5 varian,varian terakhir tidak di gunkan karena perang dunia sudah berkhir dan pemerintah inggris sudah menghasikn penggati yang lebih baik dari sten gun.
Masukny sten gun ke indonesia di bawa oleh inggris yang pada waktu itu mengawal proses penyerahan dari jepang dan mengembalikan indonesia ke belanda,ketika terjadi pertempuran para pejuang kemerdekaan mengambil sten gun dari inggris.dengan mudahny pengoprasian maka para pejuang mudah untuk mempelajari mempergunakany.bahkan dalam film janur kuning sering di pertontonkan aksi para pejuang melawan penjajah menggunakan sten gun.

Spesifikasi sten gun:
Berat                     : ,2 kg (7,1 lb) (Mk. II)
Panjang                 : 760 mm (30 in)
Barel Panjang        : bre196 mm (7.7 in)
Catridge                : 9x19mm Parabellum
Jarak efektif          : 100 m

0 comments:

Post a Comment